Makanan Pengontrol Berat Badan

Menurut beberapa ahli kesehatan, ada beberapa makanan yang dapat mengontrol berat badan. Dengan mengonsumsi makanan ini, bisa bertahan lebih lama dan makan cepat puas. Untuk mengkonsumsinya tentu membutuhkan porsi harian tertentu sesuai dengan indeks massa tubuh.



Pada wanita Asia dewasa, indeks massa tubuh normal adalah 18,5 - 22,9. Sedangkan porsi harian untuk makanan berprotein adalah 0,8 - 1,0 gram per kilogram massa tubuh, antara sayuran dan buah, yaitu 50-100 gram sekaligus.


1. Bayam

Bayam adalah sayuran serat yang kaya daripada Alpha Lipoic, Glutathione. Bagian dari cangkir bayam adalah 41 kalori dan jika porsi yang dikonsumsi dapat mengikat kolesterol jahat dan membawanya keluar dengan urin dan feses. Makan sayuran ini juga membuat Anda cepat kenyang.


2. Daging sapi.

Protein dalam daging sapi sangat baik karena rendah lemak, terutama tenderloin dan bagian bagian atas. Dalam sebuah penelitian di Amerika, daging sapi merah dapat membakar kalori lebih cepat dan banyak dari mereka makan makanan berkalori yang sama selain daging sapi. Kebutuhan kalori tubuh tetap terjaga jika Anda mengonsumsi daging sapi tanpa lemak. Steak, daging dan sayuran tumis, roti dan sup. Jangan sertakan kelebihan lemak seperti minyak agar porsi nutrisi tetap seimbang.


3. Susu rendah lemak

Kalsium dan protein hadir dalam fungsi susu rendah lemak untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan massa otot. Lemak dalam tubuh akan diproses oleh kalsium dan mengubahnya menjadi energi. Jika Anda mengonsumsi susu rendah lemak maka thermogenesis akan meningkat dan metabolisme berjalan dengan baik. Protein dalam susu juga membuat rasa penuh lebih tahan lama daripada segelas jus buah. Kelemahan ini memicu Anda untuk tidak menusuk yang ceroboh. Milkshake rendah lemak dan buah segar bisa juga mengontrol berat badan.


4. Yogurt rendah kalori

Minuman yogurt olahan juga mengandung kalsium dan protein. Sama seperti susu, manfaatnya juga mengontrol berat badan, apalagi jika tubuh kesulitan mencerna susu, yogurt menjadi minuman alternatif. Bakteri baik dalam yogurt membantu pencernaan bekerja lebih lancar.

Posting Komentar

0 Komentar